kelas X IPS Sejarah peminatan

Juli 20, 2020




Konsep Kehidupan Manusia dalam Ruang dan Waktu



1. Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli 



Kita semua tahu bahwa sejarah memang sangat penting bagi suatu bangsa. Seperti kata sang proklamator, Bung karno  “Jangan pernah melupakan sejarah, ini akan membuat dan mengubah siapa kita”. Suatu bangsa terbentu karena sekelompok orang yang memiliki sejarah yang sama.


Terutama sejarah mengenai para pejuang kita. Karena, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya”. Namun, sebelum kita lebih jauh belajar mengenai sejarah, ada baiknya kita memahami pengertian sejarah terlebih dahulu.


Secara umum, sejarah merupakan serangkain kejadian pada masa lampau yang disusun berdarsakan peninggalan berbagai peristiwa. Dalam dunia pendidikan, kita mengenal disiplin ilmu sejarah yang merupakan ilmu yang mempelajari  segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi di masa lampau sepanjang kehidupan umat manusia.


Sejarah berasal dari bahasa Arab yang berarti Sajaratun yang berarti pohon yang bercabang-cabang, karena sejarah merupakan kembangan dari satu titik kejadian saling berkaitan sehingga alur yang saling berkaitan, hal inilah yang kemudian digambarkan seperti pohon yang bercabang.


Dalam bahasa Yunani, sejarah berasal dari kata Historia yang berarti ilmu pengetahuan yang bersumber dari penelitian yang mendalam. Dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata History yang berarti kejadian masa lampau, kejadian masa lampau manusia.


Menurut bahasa, pengertian sejarah dibagi menjadi dua yaitu pengertian dalam arti sempit dan pengertian sejarah dalam arti luas. Dalam arti sempit, sejarah artinya kejadian atau peristiwa.


Sedangkan dalam arti yang luas, sejarah adalah suatu peristiwa manusia akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani. Selain pengertian diatas, para ahli juga memiliki definisinya masing-masing mengenai sejarah. 


Berikut beberapa penghertian sejarah menurut para ahli dari dalam dan luar negeri.


Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Dalam Negeri (Indonesia)


Muhammad Yamin: Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil verifikasi yang dapat dibuktikan dengan bahan-bahan realitas


Moh. Hatta: Menurut Moh. Hatta, sejarah dalam wujudnya memberikan pemahaman tentang masa lampau. Pertanyaan yang diambil dari masa lalu sebagai masalah. Sejarah masa lampau, masa pemahaman lampau yang ada di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin mengandung problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.


Nugroho Notosusanto: Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto adalah sejarah-peristiwa yang melibatkan manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang erjadi di masa lampau.


Taufik Abdullah: Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah adalah tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu di masa lampau yang dilakukan di tempat tertentu.


Drs. Sidi Gazalba: Arti sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap yang disusun berdasarkan fakta masa depan dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang berlaku.


Moh. Ali: Pengertian sejarah menurut Moh. Semua yang terjadi benar-benar terjadi, dan peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi. Sejarah adalah ilmu yang mengubah-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.


Rochmawati Wiriatmaja: Pengertian sejarah menurut Rochiati Wiriatmadja adalah sejarah yang merupakan disiplin ilmu yang dijanjikan, moral, pembahasan, nilai-ilai spritual, dan kultural terkait penelitiannya yang membantu pengaduan untuk hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan demi perubahan dan, dan cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.


Ismaun: Pengertian sejarah menurut Ismaun adalah suatu pengetahuan tentang kisah tentang peristiwa-peristiwa yang benar-benar telah terjadi atau terjadi dalam segala aspek di masa lampau. Sejarah merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun tentang semua aspek kehidupan manusia di masa lampau.


Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli di Luar Negeri


Aristoteles: Pengertian sejarah menurut Aristoteles merupakan satu sistem yang menentukan kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. dan menurut Aristoteles sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang memiliki catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.


JV Bryce: Menurut JV Bryce, itulah pengertian sejarah adalah catatan dari apa yang dipikirkan, dipahami, dan diperbuat oleh manusia.


WH Walsh: Pengertian sejarah menurut WH Walsh yang mengartikan sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting hanya untuk manusia. Catatan yang memuat tindakan-pengalaman dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga meurpakan cerita yang berarti.


Roeslan Abdulgani: Menurut Roeslan Abdulgani, ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan, yang membahas tentang perkembangan masyarakat dan juga terkait dengan masa lampau, yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa dengan maksud untuk beranjak, demi perkembangan terkait dengan penelitian yang menghasilkan penelitian ini, untuk kemudian digunakan perbendaharaan BAGAIMANA MENGENAI UNDANG-UNDANG.


Patrick Gardiner: Pengertian sejarah menurut Patrick Gardiner adalah makna sejarah yang dikuatkan oleh manusia.


Herodotus: Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah salah satu tinjauan untuk menggambarkan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.


Robin Winks: Pengertian sejarah menurut Robin Winks adalah studi tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.


Leopold Von Ranke: Menurut Leopald Von Ranke adalah apa yang benar-benar terjadi.


Sir Charles Firth: Pengertian sejarah menurut Sir Charles Firth, yaitu sejarah pembaharuan masyarakat, perubahan masyarakat yang terus-menerus, pemikiran ide-ide yang mendorong aksi-aksi masyarakat, dan mengkaji kondisi-kondisi bahan yang telah membantu atau merintangi perkembangannya.


Rober V. Daniels: Menurut Robert V. Daniels, pengertian sejarah adalah ingatan dari tumpuan masa lalu. Sejarah yang disetujui dalam resolusi sejarah manusia. Manusia merupakan salah satu sejarah. Manusia yang memiliki kemampuan untuk berpartisipasi peristiwa-peristiwa yang ada di sekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut menjadi ingatan atau memori dalam dirinya. Memori ini akan menjadi sumber sejarah.


RG Collingwood: Pengertian sejarah menurut RG Collingwood adalah bentuk persetujuan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.



1. Keterkaitan Manusia dalam Ruang dan Waktu


Hai RG Squad, sudah tahu belum kalau unsur manusia itu tidak dapat dipisahkan dari ruang dan waktunya? Jadi dalam peristiwa sejarah, manusia mengalami berbagai hal dalam hidupnya, dan semua itu berlangsung dalam ruang dan waktu. Kalian tahu nggak kaitannya hidup manusia dengan konsep ruang dan waktu? Jika belum, perhatikan dan baca baik-baik tulisan artikel ini ya.


Kalian percaya kan bahwa keberlangsungan sebuah peristiwa itu, pasti melewati medium ruang. Ruang sendiri memiliki arti, yaitu tempat berlangsungnya atau terjadinya peristiwa sejarah. Nah, karena adanya konsep ruang ini, para penulis sejarah kemudian mengkategorikan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan tempat, misalnya sejarah daerah, sejarah lokal, sejarah dunia, sejarah nasional, dan masih banyak lagi.


Sedangkan adanya konsep waktu menunjukkan kapan terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Jika peristiwa manusia itu tidak mungkin terjadi tanpa melewati ruang, begitu pula dengan waktu. Konsep penting dalam sejarah itu adalah waktu, hal ini dikarenakan kehidupan manusia tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya waktu. Nah pada konsep ini lah terkandung sebuah konsep kesinambungan. Apa artinya? Jadi, konsep kesinambungan itu maksudnya waktu masa lalu sangatlah menentukan apa yang terjadi pada masa sekarang ini, kemudian masa sekarang menentukan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Jadi, dalam sejarah kehidupan manusia, seluruh manusia akan tumbuh bergerak dengan seiring perjalanan waktu dan ruang di mana manusia itu berada.


Peristiwa sejarah manusia berjalan dengan dinamis, bukan statis. Mulai dari manusia itu berada dalam kandungan, kemudian lahir, hingga beranjak dewasa, dan menjadi orang tua. Kalau kita melihat hal itu, kita bisa menyadari bahwa fase kehidupan manusia menunjukkan adanya kesinambungan dalam kehidupan manusia, dan kehidupan itu terikat oleh ruang dan waktu.


2. Keterkaitan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan


Kehidupan manusia dan masyarakat cenderung bergerak dan terus berkembang. “Panta rei” begitu kata Heraclitus, yang artinya, tidak ada yang tidak berubah, semua mengalir, masyarakat sewaktu-waktu bergerak dan berubah. Selain Heraclitus, Wertheim pernah menuliskan “History is a continuity and change” (Sejarah adalah peristiwa yang berkesinambungan dan berubah). Itulah maksud dari keterkaitan manusia dalam konsep perubahan, Squad.


Selain keterkaitan manusia dalam konsep perubahan, manusia pun hidup berkaitan dengan konsep keberlanjutan. Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan? Kalau RG Squad senang mengikuti peristiwa sejarah, kalian akan sadar bahwa sebuah peristiwa itu memiliki rangkaian, dan itu merupakan peristiwa berkelanjutan.


Kehidupan manusia hari ini tidak terlepas dari kehidupan manusia pada masa lampau, begitu juga dengan masa yang akan datang, oleh karena itu dapat disebut mata rantai kehidupan manusia. Sebuah peristiwa selalu berkaitan dengan peristiwa lainnya, tidak terpisahkan.


RG Squad bisa lihat contohnya pada pergantian sistem pemerintahan di Indonesia, mulai dari Orde Lama era Soekarno, kemudian berubah ke Orde Baru era Soeharto, sampai Reformasi yang terjadi akibat meledaknya aksi masyarakat yang dimotori oleh kalangan pemuda mahasiswa, membuat lengsernya Soeharto. Semua berkaitan, pada setiap waktu yang terus bergerak, masyarakat mengalami perubahan pada kondisi sosial dan budayanya.


Ada dua faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan dan perkembangan yang berkelanjutan, diantaranya:


- Faktor-faktor Konsep perubahan dan keberlanjutan.

- Keterkaitan kehidupan manusia masa lalu untuk kehidupan masa kini


RG Squad pastinya ingat dong pesan Ir. Soekarno, “JASMERAH” (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah). Sepenggal kata itu selalu teringat di benak kita semua. Betapa Soekarno begitu menganjurkan kita semua untuk tidak lupa pada sejarah. Kenapa kita tidak boleh melupakan sejarah?


Oke jadi gini Squad, sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Nah, berdasarkan konsep ruang dan waktu, kemudian adanya konsep perubahan dan keberlanjutan, kondisi masa lampau sangat berpengaruh pada kondisi hari ini. Sejarawan asal Indonesia, Sartono Kartodirjo pernah mengatakan hal yang sangat dalam, baginya orang-orang yang lupa dengan masa lampaunya itu telah kehilangan identitas, oleh karena itu orang-orang tersebut dapat membahayakan masyarakat di sekitarnya.


Latest
Previous
Next Post »

9 komentar

  1. saya menyukai pengertian sejarah menurut ahli Nugroho notususanto dan Taufik Ahmad karna saya setuju dan paham dengan pengertian yang beliau sampaikan karna menurut saya sejarah adalah peristiwa yang dialami makhluk hidup pada masa lalu. ahli sejarah luar negeri seperti Aristoteles dan dalam negeri Nugroho notosusanto

    BalasHapus
  2. saya menyukai pengertian sejarah menurut ahli Nugroho notususanto dan Taufik Abdullah karna saya setuju dan paham dengan pengertian yang beliau sampaikan karna menurut saya sejarah adalah peristiwa yang dialami makhluk hidup pada masa lalu. ahli sejarah luar negeri seperti Aristoteles dan dalam negeri Nugroho notosusanto

    BalasHapus
  3. 2. menurut saya Konsep waktu dalam Sejarah adalah konsep dasar, dimana setiap peristiwa Sejarah memiliki unsur waktu kapan peristiwa sejarah tersebut terjadi.

    Konsep ruang dalam Sejarah adalah tempat terjadinya berbagai peristiwa dalam proses perjalanan waktu

    konsep ruang dan waktu pasti disetiap peristiwa sejarah yang terjadi agar kita bisa mengenang atau mengetahui peristiwa masa itu

    BalasHapus
  4. Saya menyukai konsep pengertian sejarah menurut ahli Nugroho notususanto dan Taufik Abdullah, karna setiap peristiwa sejarah memiliki waktu kapan peristiwa itu terjadi.konsep ruang terjadinya peristiwa dalam proses perjalanan waktu.ahli sejarah luar negeri aris toteles dan dalam negeri Nugroho notususanto.

    BalasHapus
  5. Saya menyukai sejarah Menurut pengertian ismaun Karena Sejarah Adalah peristiwa2 yang memang terjadi dalam segala aspek di masa lampau

    BalasHapus
  6. Saya menyukai penertian sejarah menurut taufik abdullah dan robin winks ,karna saya setuju dan paham dg pengertian yg beliau karana menurut saya sejarah adalah tindakan manusia dalam waktu tertentu di masa lampau yg dilaksanakan di tempat tertentu.ahli sejarah luar negri seperti W.H.Walsh dan mentri dalm negri Moh Hatta.
    Konsep ruang:saya bisa mengetahui tentang peristiwa"sejarah berdasar kn tempat.
    Konsep waktu: menunjukkan kapan terjadinya peristiwa sejarah.

    BalasHapus
  7. saya menyukai pengertian sejarah menurut moh.ali dan Roeslan Abdulgani karna,pengertian sejarah itu sendiri adalah menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian kejadian di masa lampau.atau sejarah itu kejadian,atau peristiwa yang berhubungan dengan manusia yaitu perubahan nyata di dalam kehidupan manusia dan pengertian sejarah yang tepat ada pada Moh Ali dan Roeslan Abdulgani.



    konsep ruang dalam sejarah yaitu seperti tempat terjadinya suatu peristiwa bersejarah yang sudah lalu misalnya bandung merupakan tempat terjadinya peristiwa bandung lautan api.Sedangkan,konsep waktu dalam sejarah yaitu seperti kapan terjadinya suatu peristiwa yang bersejarah yang sudah terjadi misalnya tanggal 17 agustus 1945 merupakan kemerdekaan Indonesia.Setahu aku seperti itu...!!!👍

    BalasHapus
  8. saya menyukai pengertian sejarah menurut Moh Ali dan roeslan abdulgani karna,pengertian peristiwa dan kejadian kejadian di masa lampau atau sejarah itu kejadian atau peristiwa yang berhubungan dengan manusia yaitu perubahan nyata di dalam kehidupan manusia.dan pengertian sejarah tersebut ada pada Moh Ali dan Roeslan Abdulgani


    konsep ruang dalam sejarah yaitu seperti tempat terjadinya suatu peristiwa bersejarah yang sudah lalu misalnya bandung merupakan tempat terjadinya peristiwa bandung lautan api.Sedangkan,konsep waktu dalam sejarah yaitu seperti kapan terjadinya suatu peristiwa yang bersejarah yang sudah terjadi misalnya tanggal 17 agustus 1945 merupakan kemerdekaan Indonesia.Setau saya kek gitu!!


    BalasHapus
  9. Moh. Hatta: Menurut Moh. Hatta, sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

    Roeslan Abdulgani: Menurut Roeslan Abdulgani bahwa ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan. Patrick Gardiner: Pengertian sejarah menurut Patrick Gardiner bahwa arti sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

    BalasHapus